oleh

Jelang Malam Natal Polres Basel Terjunkan 80 Personil Untuk Pengamanan Gereja

TOBOALI, DIKSINEWS.COM – Guna mengantisipasi keamanan menjelang perayaan malam Natal, Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Bangka Selatan mulai melakukan sterilisasi di seluruh gereja yang ada di wilayah Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Minggu (24/12/2023).

Tujuan sterilsasi dilakukan untuk memastikan perayaan malam natal tahun 2023 berlangsung aman dan lancar.

“Saat ini sudah ada tiga gereja kami lakukan sterilisasi, tetapi tidak menutup kemungkinan gereja-gereja di wilayah Toboali atau kecamatan lainnya yang belum disterilisasi juga akan kami lakukan sterilisasi,” Kata Kasat Samapta Polres Basel Iptu Perdana.

Terlihat dalam giat sterilisasi tersebut, anggota kepolisian dengan pakaian seragam lengkap dan hand metal detektor melakukan pengecekan pada setiap benda, atau sudut ruangan maupun luar gereja yang dinilai rawan ancaman.

“Kami ingin memastikan agar gedung geraja dalam keadaan steril, bersih dan aman dari benda atau barang-barang berbahaya yang bisa menggangu pelaksanaan kegiatan ibadah,” jelasnya.

Dari hasil sterilisasi yang dilakukan oleh jajaran anggota Samapta Polres Bangka Selatan itu, tidak ditemukan benda atau barang-barang yang mencurigakan dan berbahaya di gereja. Untuk menindaki hal yang tidak diinginkan selama perayaan malam natal. Polres Basel akan menerjunkan sebanyak 80 personel untuk meningkatkan pengamanan.

“Nanti, Dari 80 personel ini akan dibagi menjadi 4 sampai 5 orang yang akan berjaga-jaga di setiap gereja. Dengan sistem pengamanan di lokasi dan pengamanan patroli dari pagi, sore hingga malam hari. Agar tempat ibadah selalu dalam keadaan steril dari benda-benda berbahaya,” ungkap Iptu Perdana.

Untuk saat ini sudah beberapa gereja yang sudah dilakukan sterilisasi diantaranya, Gereja HKBP Toboali kemudian GPDI Hosana Toboali di jalan Teladan dan Gereja Katolik di Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Toboali.

(Dolly)