oleh

Ini 5 Point Dasar Rapat FKPD Bangka Tahun 2024

Bangka, Diksinews.com – Bupati Bangka, Mulkan SH MH pimpin rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bangka Tahun 2024 di Ruang OR Pemkab Bangka, Senin (13/2/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Bappeda, anggota DPRD Bangka, Camat, Kepala Kantor Kementerian Agama, Kepala Bappeda Provinsi Babel, Asisten Pemkab Bangka, Ketua Kadin Bangka, Kepala BPS dan para pemangku kepentingan lainnya.

Mulkan menyampaikan jika tata cara perencanaan dan penangan inflasi pembangunan, tata cara peraturan inflasi daerah tentang rancangan pembangunan jangka panjang daerah serta tata cara rancangan perubahan jangka menengah daerah yang tercantum dalam pasal 80 disebutkan bahwa rancangan RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan serta forum konsultasi publik. Yang mana, hal itu dimaksudkan untuk mendapatkan saran dan masukan demi penyempurnaan.

“RKPD tahun 2024 yang disusun tahun ini tidak mengacu pada RPJMD 2018-2023, tetapi mengacu pada pembangunan daerah ataupun RPD tahun 2024-2026 yang akan menjadi pedoman para pejabat kepala daerah untuk menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan daerah tahun 2024 nanti,” jelas Mulkan.

Orang nomor satu di Bangka ini kembali menuturkan RKPD adalah rencana untuk periode satu tahun sebagai suatu dukungan resmi dimana memiliki kedudukan strategis yaitu menjembatani antara pencanangan strategis jangka menengah dengan penganggaran tahunan.

“Forum Konsultasi Publik ini dilaksanakan diikuti oleh pimpinan dan ketua komisi dari DPRD serta pemangku kepentingan lainnya untuk menghimpun apresiasi dan harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah. Terutama untuk menjawab segala permasalahan-permasalahan pembangunan dan isu strategis yang terjadi saat ini,” tegasnya.

Tema RKPD Kabupaten Bangka tahun 2024 ini adalah peningkatan sumber daya manusia menuju pembangunan ekonomi ekslusif. Sementara itu kualitas pembangunan di Kabupaten Bangka tahun 2024 ada 5 point, yaitu :

1. Kesehatan pendidikan dan perlindungan sosial yang berkeadilan,

2. Industri, pertanian, dan umkm dan pariwisata,

3. Reformasi birokrasi,

4. Pembangunan infrastruktur dan,

5. Pengolahan lingkungan hidup.

“Kami berharap bahwa setiap usulan dan masukan yang disampaikan dapat menjadi bahan penyempurnaan di rancangan awal RKPD tahun 2024 sesuai dengan tema yang dibuat. Semoga rapat ini dapat membangun Bangka menuju sejahtera,” tutup Mulkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *