oleh

Kerja Cepat, HNSI Bangka Bantu Nelayan Dapatkan Asuransi dan Kartu Nelayan

DiksiNews.com – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka dibawah kepemimpinan Lukman terus gencar melakukan sosialisasi manfaat kepemilikan kartun nelayan dan asuransi keselamatan bagi nelayan yang ada di Kabupaten Bangka.

Sosialisasi yang langsung dilakukannya itu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat nelayan betapa pentingnya manfaat yang besar jika memiliki kartu nelayan dan asuransi.

“Saya sebelumnya juga telah melakukan pendataan para nelayan yang ada tinggal di Kampung nelayan I dan II untuk dibuatkan kartu nelayan dan asuransi. Hari ini sudah ada beberapa kartu asuransi yang sudah selesai dibuat dan saya langsung serahkan,” terang Lukman, Senin (8/2/2021).

Ia menargetkan program pembuatan asuransi Jasindo untuk para nelayan yang sudah punya kartu nelayan. Diterangkannya jika untuk pembayaran asuransi keselamatan per tahun tidak kurang dari 200 ribu.

“Hari ini kita sudah bagikan 25 kartu asuransi, bagi yang belum memiliki kartu nelayan atau sudah habis masa berlaku maka kami siap untuk membantu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sampai tuntas,” tegas Ketua HNSI Bangka.

Pihaknya menghimbau kepada nelayan untuk wajib memiliki kartu nelayan dan asuransi tersebut. Karena dua kartu tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai dasar jaminan jika terjadi sesuatu saat melaut.

“Kami dari HNSI akan selalu mengawasi agar nelayan tidak lengah lagi dalam membayar asuransi. Karena kalau membayar terlambat sehari saja maka nelayan tidak bisa klaim asuransinya,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Ketua HNSI Kabupaten Bangka juga menyampaikan supaya nelayan membentuk koperasi khusus nelayan. Yang permodalannya untuk tidak mengharapkan atau mengandalkan dana dari luar.

Menurutnya tujuan koperasi tersebut bisa dijadikan tumpuan jika nelayan sudah tidak sanggup lagi melaut. Sehingga nantinya akan terjadi kesinambungan untuk kebutuhan nelayan dan keluarganya.

Dia menginginkan koperasi bisa berjalan selamanya, dan pihaknya meminta dukungan supaya koperasi ini dapat dibentuk secepatnya karena nantinya bantuan dari pusat bisa diterima melalui koperasi.

“Dan nantinya melalui koperasi ini juga dapat digunakan untuk membayar tagihan asuransi, mudah mudahan jika kedepannya koperasi nelayan bisa berkembang maka nelayan yang tidak bisa melaut dan kehilangan mata pencaharian untuk tagihan asuransi bisa di tanggung oleh koperasi,” imbuhnya.

Sementara, Zainudin salah nelayan yang telah menerima kartu asuransi mengatakan terimakasih kepada HNSI Kabupaten Bangka yang telah membantu para nelayan untuk mendapatkan kartu asuransi.

“Alhamdulillah, dengan adanya kartu ini sudah tidak was-was lagi kalau melaut, kalau ada apa-apa di laut kita sudah punya jaminan. Kami bersyukur HNSI sudah mau membantu, kalau bukan ke HNSI kemana lagi kami para nelayan mau minta bantuan,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *