oleh

Dosis Sambung RSUD Bangka Selatan di AIK BAKUNG: Komitmen Nyata Tingkatkan Aksesibilitas Layanan Kesehatan

BASEL, DIKSINEWS.COM — RSUD Bangka Selatan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang inovatif dan terjangkau kepada masyarakat.

Pada acara AIK BAKUNG (Ajak Bupati Sambang Kampung) di Desa Permis, Kecamatan Simpang Rimba, Jumat – Sabtu (8-9/3/2024), RSUD Bangka Selatan tampil dengan Layanan Inovasi DOSIS SAMBUNG (Dokter Spesialis Sambang Kampung).

Direktur RSUD Bangka Selatan dr. Helen Sukendy menyebut, dalam kegiatan ini, dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RSUD Bangka Selatan menyajikan Layanan Inovasi DOSIS SAMBUNG dengan memberikan USG Gratis kepada 40 orang Ibu Hamil.

Menurut Helen hal ini merupakan langkah proaktif dalam memastikan kesehatan ibu hamil dan calon bayi. Selain layanan USG, RSUD Bangka Selatan juga melayani pengobatan pasien umum sebanyak 42 pasien.

“Terdapat pula 4 pasien yang mendapatkan layanan fisioterapi, 1 pasien mengikuti terapi wicara, dan 12 orang menjalani konsultasi gizi. Totalnya, 99 masyarakat Desa Permis merasakan manfaat Layanan Aik Bakung yang dihadirkan oleh RSUD Bangka Selatan,” kata Helen.

Antusiasme masyarakat terlihat jelas dalam menyambut Aik Bakung. Partisipasi aktif dalam memanfaatkan layanan kesehatan yang ditawarkan mencerminkan pentingnya keberadaan acara ini dalam membangun kesadaran akan pentingnya kesehatan masyarakat.

Tak hanya itu, acara Aik Bakung bukan hanya sekadar kegiatan rutin, tetapi juga menjadi wadah bagi RSUD Bangka Selatan untuk terlibat langsung dalam masyarakat melalui Layanan Inovasi DOSIS SAMBUNG.

“Keberadaan dokter spesialis yang turun langsung memberikan pelayanan kesehatan di kampung-kampung merupakan bentuk nyata komitmen RSUD Bangka Selatan dalam meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan,” tambahnya.

Masyarakat Desa Permis yang telah merasakan manfaat Layanan Aik Bakung diharapkan terus mendukung kegiatan ini. RSUD Bangka Selatan juga berencana untuk melibatkan lebih banyak Layanan Inovatif dalam kegiatan Aik Bakung berikutnya, sehingga kesehatan masyarakat dapat terus ditingkatkan.

“Dengan adanya Layanan Inovasi DOSIS SAMBUNG, RSUD Bangka Selatan membuktikan bahwa pelayanan kesehatan dapat dihadirkan dengan cara yang kreatif dan inklusif. Aik Bakung menjadi momentum penting untuk menjembatani kesenjangan akses kesehatan dan membawa pelayanan kesehatan ke tingkat yang lebih dekat dengan masyarakat,” sebut Helen.

(*)