oleh

Atlit Terbaik se-Bangka Belitung Siap Bersaing di Kejurda Olahraga Pelajar Tahun 2023

PANGKALPINANG, DIKSINEWS.COM — Kejuaraan Daerah (Kejurda) Olahraga Pelajar Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun 2023 resmi dibuka Selasa (11/07/22) bertempat di Gedung Olahraga Sahabudin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Ketua Panitia Kejuaraan Daerah (Kejurda) Olahraga Pelajar Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Harun S.pd mengatakan Kejurda Olahraga Pelajar Tingkat Provinsi Bangka Belitung (Babel) merupakan ajang dua tahun dalam rangka mengukur keberhasilan pembinaan yang dilakukan oleh Kabupaten/Kota terhadap atlit pelajar.

Tujuannya sendiri adalah untuk menjaring atlit potensial dan berbakat yang akan dipersiapkan untuk mengikuti POPNAS ke 16 tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus di Sumatera Selatan (Sumsel).

“Dari hasil Kejurda Pelajar ini diharapakan akan muncul atlit-atlit berprestasi yang nantinya dapat mengharumkan nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) khususnya di pentas nasional,” ungkapnya.

Lanjut dia menyampaikan dalam pekan olahraga nasional nanti pihaknya tidak memiliki target yang muluk-muluk melainkan pihaknya akan memperbaiki prestasi kepada semua atlit.

“Untuk perolehan medali akan datang sendirinya jika atlit benar-benar melaksanakan tugas dalam bertanding secara fokus,” katanya.

Dia menambahkan tentunya dalam pekan olahraga nasional nanti yaitu POPNAS tahun 2023 pihaknya akan memberikan yang terbaik untuk Bangka Belitung (Babel).

“Target medalinya belum bisa dirinci secara pasti, yang pasti akan memperoleh medali dikarenakan ada beberapa cabang unggulan diantaranya atletik , menembak dan wushu. Jadi melalui medali itu kita akan mengharumkan nama Provinsi Bangka Belitung,” tuturnya.

Lebih jauh dia menyampaikan pada POPNAS sebelumnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih dua medali emas pada cabang olahraga atletik. “Harapan tahun ini bisa terulang kembali serta medali emas bisa diperoleh lewat cabang-cabang lain, termasuk tenis, ” harapnya.

* Diketahui jumlah peserta Kejurda Olahraga Pelajar Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023 diikuti sebanyak 748 orang terdiri dari Atlit, Pelatih dan Official dengan rincian sebagai berikut :

1. Pangkalpinang 140 orang
2. Kabupaten Bangka 140 orang
3. Kabupaten Bangka Barat 67 orang
4. Kabupaten Bangka Selatan 99 orang
5. Kabupaten Bangka Tengah 100 orang
6. Kabupaten Belitung 85 orang
7. Kabupaten Belitung Timur 117 orang.

* Berikut cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Kejurda Olahraga Pelajar Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023 ;

1. Atletik Putra/Putri
2. Renang Putra/Putri
3. Senam Putra/Putri
4. Karate Putra/Putri
5. Taekwondo Putra/Putri
6. Panahan Putra/Putri
7. Menembak Putra/Putri
8. Panjat Tebing Putra/Putri.

(Rocky)