oleh

Riza Herdavid Menghimbau Agar Peserta Bimtek Bersungguh-sungguh Mendengar Materi Dari Narasumber

JAKARTA, DIKSINEWS.COM — Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP membuka secara langsung Bimbingan Teknis Inventarisasi Aset Desa Serta Implementasi Siskuedes Online Dalam Rangka Penatausahaan Keuangan Desa Yang Akuntabel Pada Pemerintah Desa se-Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (13/6/23).

Kegiatan Bimtek dalam rangka untuk mewujudkan Inventarisasi Aset, Penatausahaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa yang Akuntabel di Kabupaten Bangka Selatan ini akan berlangsung selama lima hari dari Senin 12 Juni 2023 s/d 13 Juni 2023 di Luminor Hotel Kota Jakarta.

Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP mengatakan bahwa pengelolaan aset desa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa serta meningkatkan pendapatan desa.

“Berbicara tentang aset desa, aset desa merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, yang perlu dikelola secara tertib untuk mencapai pengelolaan aset desa yang berdayaguna dan berhasilguna. Pengelolaan aset desa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa serta meningkatkan pendapatan desa,” ujarnya.

Lebih jauh, Bupati Riza Herdavid menjelaskan tentang Aplikasi SIPADES. “Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) merupakan Aplikasi Pencatatan Administrasi Aset Desa sesuai dengan amanat dari Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang pengelolaan aset desa mulai dari perencanaan, pengadaan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan yang dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset desa sesuai dengan pedoman umum kodefikasi aset desa,” imbuhnya.

Kemudian, Bupati Riza Herdavid menyampaikan bahwa untuk mewujudkan penatausahaan dan pertanggungjawaban keuangan desa yang akuntabel, sangat dibutuhkan pengelolaan keuangan desa berbasis Sistem Keuangan Desa (SISKUEDES) Online.

Sementara itu, dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa penggunaan Aplikasi SISKUEDES sangat mempermudah aparatur pemerintah desa dalam melakukan proses pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangan yang akuntabel.

“Bupati Riza Herdavid juga menghimbau kepada peserta supaya mengikuti bimtek ini dengan sungguh-sungguh agar materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat dicerna dan diserap dengan baik sehingga harapan setelah pelaksanaan bimtek ini para peserta dapat melaksanakan dan mengaplikasikannya di lapangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Acara ini juga, Turut dihadiri kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan yang baru Ibu Riama BR. Sihite, S.H., Inspektur Daerah Kabupaten Bangka Selatan P.D.Marpaung, S.Pi., M.Si, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bangka Selatan Reza Pahlevi S.IP, Ketua APDESI Kabupaten Bangka Selatan Muklis Insan S.ST, Para Narasumber, Kepala Desa se-Kabupaten Bangka Selatan dan tamu undangan.