oleh

Rencana Pembangunan Infrastruktur, Menteri Perhubungan RI Tinjau Pelabuhan Sadai

BANGKA SELATAN, DIKSINEWS.COM – Menteri Perhubungan RI, Dr ( HC ) Ir. Budi Karya Sumadi didampingi PJ Gubernur Babel Ridwan Djamaludin meninjau kelayakan Pelabuhan Sadai di Kecamatan Tukak Sadai, Minggu (03/07/22).

Kunjungan Menhub RI bersama Pj Gubernur Babel di Pelabuhan Sadai disambut langsung oleh Wakil Bupati Basel Debby Vita Dewi beserta Forkopimda Kabupaten Basel dan Sekretaris Daerah, Eddy Supriadi maupun Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Perhubungan (PUPRhub), Achmad Ansyori beserta pejabat lainnya.

Dengan menggunakan alat transportasi Helikopter rombongan langsung mendarat di lapangan bola Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai dan langsung menuju Pelabuhan Sadai guna mengecek langsung fasilitas ataupun keadaan Pelabuhan Sadai dan dermaga yang termasuk tawaran konsep masterplan Dinas Perhubungan Pemerintah Bangka Selatan ke Pemerintah Pusat, terkait perencanaan pembangunan dan pelayanan pelabuhan kelayakan infrastruktur Pelabuhan Sadai.

Budi Karya Sumadi menyampaikan pokok utama tujuan peninjauan ini untuk memastikan infrastruktur Pelabuhan Sadai layak atau tidaknya untuk dijadikan Pelabuhan. Namun kata Budi setelah dilakukan peninjauan ternyata itu memang layak dijadikan sebagai pelabuhan.

“Saya akan memerintah Pj Gubernur dimana saja pelabuhan yang ada di Babel ini untuk di perbaiki dan dibangun,” ucap dia.

Diwaktu yang sama, Pj Gubernur Provinsi Belitung, Ridwan Djamaludin mengatakan terkait hal itu pihaknya akan memanggil semua Kepala Daerah untuk membicarakan rencana pelabuhan -pelabuhan yang akan di kembangkan di wilayah masing – masing.

“Nantinya yang kita harapkan, jangan sampai pelabuhan yang di bangun dengan anggaran besar tetapi perekonomiannya tidak maju,” katanya.

“Untuk langkah ke depan yang harus dilakukan, kita harus membuat perencanaan terpadu agar semua berjalan dengan baik sesuai dengan permintaan Menteri Perhubungan RI,” sambung dia.

Dia menambahkan bahwa perencanaan ini juga harus fokus pada pelayanan penyeberangan masyarakat, jangan hanya fokus pada pengangkutan barang. Hal itu dilakukan agar perekonomian masyarakat bisa maju dan terbantu sebab itu merupakan prioritas.

Sementara, Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi, SE menyampaikan dengan hadirnya Menteri Perhubungan RI ini bisa mewujudkan Pelabuhan Sadai ini bisa menjadi skala prioritas utama nasional dalam waktu dekat.

“Pelabuhan Sadai mempunyai potensi yang besar dan untuk jarak tempuh Pelabuhan Sadai ke Pelabuhan Tanjung Priok hanya memakan waktu 15 jam, sedangkan Pelabuhan Pangkal Balam ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta itu memakan waktu 22 jam. Jadi ,waktunya lebih dekat Pelabuhan Sadai ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta,” pungkasnya.

(Dolly)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *