oleh

Kembali Raih Prestasi, Pemkab Bangka Raih WTP 6 Kali Berturut Turut

BANGKA,DIKSINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten Bangka selama dipimpin oleh Mulkan Syahbudin terus menuai prestasi. Kali ini, Pemkab Bangka meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dalam bidang pengelolaan keuangan tahun 2021.

Hal ini merupakan suatu prestasi besar yang di Pemkab Bangka karena penilaian WTP ini didapat 5 kali berturut-turut dari tahun 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021. Penghargaan yang diberikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ida Farida ke Bupati Bangka Mulkan di Ruang Auditorium BPK Pangkalpinang, Jum’at (13/5/2022).

Pada kesempatan tersebut, Mulkan mengatakan bahwa pengelolaan uang daerah harus dikerjakan secara maksimal meskipun dalam suasana pandemi Covid-19. Ia tegaskan jika penilaian yang diberikan oleh BPK tersebut merupakan pernyataan sikap profesional atas kewajaran informasi keuangan Pemkab Bangka pada tahun 2021 yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan.

Perlu diketahui bahwa penilaian tersebut didasari oleh 4 kriteria diantaranya, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kedua kecukupan pengungkapan, ketiga kepatuhan terhadap perundang-undangan dan keempat efektivitas sistem pengendalian intern.

“Kami mendapatkan WTP karena laporan keuangan yang kami sajikan dianggap memberikan informasi yang akuntabel berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan. Pemkab Bangka telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik,” ungkap Mulkan.

Selanjutnya, orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini menegaskan bahwa WTP, bersama Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan target utama yang harus kami capai di Tahun 2022. Misi “Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang bersih dan berbasis IT” adalah sandarannya. WTP harus menjadi pendorong untuk terus membangun budaya pengelolaan keuangan secara lebih transparan dan akuntabel dan tentu saja harus berorientasi pada hasil,” tandasnya.

Bupati juga menyatakan bahwa kejujuran, keikhlasan dan kerja keras harus menjadi prinsip utama bagi siapa pun yang terlibat dalam pengelolaan pemerintahan daerah termasuk pengelolaan keuangan. Dengan kejujuran dan keikhlasan, pengelolaan keuangan akan berada pada jalurnya dan terhindar dari kesalahan.
Bupati Bangka mempersembahkan pencapaian WTP ini kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bangka sebagai bukti bahwa kami menjalankan roda pemerintahan dengan baik. Mulkan juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh OPD, Forkominda dan seluruh stakeholders yang telah berkerja keras, bekerja cerdas dan bekerja cermat dalam mengelola pemerintahan daerah. Bupati berharap kinerja ini bisa terus ditingkatkan dalam pengelolaan keuangan tahun-tahun berikutnya.

“Diharapkan kinerja ini dapat terus ditingkatkan dalam pengelolaan keuangan pada tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya.

Wakil Bupati, Syahbudin menambahkan bahwa opini WTP yang diraih harus menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja, perbaikan sistem pengelolaan aset juga pelaporan pertanggungjawaban keuangan. Kedepan, penata kelolaan pemerintahan daerah harus lebih baik dengan melakukan pengelolaan aset dan barang, secara profesional dan sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang ada juga pelaporan keuangan yang tertib administrasi.

“Opini WTP ini harus sejalan dengan kinerja dan akselerasi terhadap pelayanan dan pembangunan,” sebutnya.

(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *