oleh

Dengan Tema “MANTAB” BWS Babel Gelar Acara Peringatan Puncak Hari Air Dunia Ke-30 

PANGKALPINANG, DIKSINEWS.COM — Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengadakan acara Aksi Daerah dan Puncak Peringatan Hari Air Dunia (HAD) ke-30 sekaligus Pengukuhan Komunitas Peduli Sungai (KOPS) Kp Bangka, Kota Pangkalpinang, Rabu (30/3/2022) di Embung Kolong Kacang Pedang (Hilir) Kota Pangkalpinang.

 

Dengan Tema “MANTAB” Melestarikan Air Tanah Agar Bersinabungan.

kegiatan acara di awali dengan gotong royong bersih bersih sungai sekitaran sungai rangkui, yang di laksanakan oleh KOPS bersama BWS Babel dan di lanjutkan Zoom Meeting dengan Menteri PUPR di Bendungan Randugunting, selanjutnya di laksanakan nya kegiatan pengukuhan Komunitas Peduli Sungai oleh Kepala BWS Bangka Belitung, sebagai penutup acara di lanjutkan Penanaman Bibit Pohon dan penebaran benih ikan di Embung Kolong Kacang Pedang.

 

Kepala BWS Babel, Ir. Panca Hermawan, SP-1 dalam sambutannya mengatakan,” acara Peringatan Hari Air Dunia ke-30 Tahun 2022 dengan tema “Melestarikan Air Tanah agar Berkesinambungan” (MANTAB).

 

Pada kesempatan yang berbahagia ini kita semua berkumpul di Kolong Kacang Pedang, Kolong yang

memberikan kita banyak manfaat. Kolong Kacang Pedang ini terletak di Kota Pangkalpinang dengan luas 48 Ha dan memiliki kapasitas tampungan 1.440.000 m3 dibangun pada tahun 2007.

 

Kolong Kacang Pedang merupakan sumber air baku untuk wilayah Kota Pangkalpinang dengan kapasitas layanan sebesar 100 l/d, selain itu Kolong Kacang Pedang juga memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai penanggulangan banjir saat

musim hujan,” ucap Ucap Kepala BWS Babel dalam sambutannya

 

Lanjutnya,” Dengan gambaran seperti itu tentunya kita sebagai insan PUPR diharapkan untuk peka dalam

menjaga keberlangsungan fungsi dari kolong ini. Sebagai salah satu contohnya adalah dengan menghijaukan kembali daerah tangkapan air di sekitar kolong ini dengan menanam bibit pohon supaya kelak ketika pohon besar nanti juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya,” Harapnya

 

Ir. Panca menerangkan, dalam kegiatan peringatan HAD yang ke 30 tahun ini, kegiatan di laksanakan dengan menanam pohon, menebar benih ikan dan gotong royong bersih bersih sungai sekitaran sungai rangkui, serta di lanjutkan dengan pengukuhan Komunitas Peduli Sungai.

 

“Pada hari ini kita akan melakukan gerakan pembersihan Sungai Rangkui yang berada di Hilir Kolong Kacang Pedang dalam upaya mengurangi sedimentasi yg menumpuk di alur sungai dan menjaga alirannya

sehingga mengurangi dampak banjir dan tidak lupa pada kesempatan yang baik ini kami ingin memperkenalkan dan sekaligus mengukuhkan sebuah kelompok komunitas peduli sungai kota pangkalpinang yang baru terbentuk akhir 2021.

 

Selain itu pada hari ini kita juga melakukan gerakan penanaman 250 bibit pohon di sekitar wilayah Kolong Kacang Pedang, dan Penebaran 1000 benih ikan.

 

Kegiatan penanaman pohon dapat kita dijadikan sebagai momentum strategis dalam mengantisipasi

dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi, serta berbagai upaya konservasi sumber daya air termasuk menurunkan angka erosi lahan. Sedangkan penebaran benih ikan yang kita lakukan pada hari

ini akan memberikan perbaikan dalam ekosistem Kolong Kacang Pedang ini,” ungkapnya

 

Harapan kami dengan serempaknya aksi kita pada hari ini dapat membantu memulihkan ekosistem air di aliran sungai rangkui dan juga dengan lahirnya komunitas peduli sungai kota pangkalpinang pada hari ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitarnya,” Harapnya

 

Mewakili Walikota Pangkalpinang, Asisten II Perekonomian dan pembangunan kota Pangkalpinang, Suryo Gusbandoro Berharap di hari Peringatan Puncak Hari Air Dunia Ke-30 ini Semoga air bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya.

 

“Sehubungan dengan peringatan hari air dunia ke-30 tahun ini, pemerintah kota Pangkalpinang mengucapkan selamat melaksanakan hari air dunia ke-30 dengan tema melestarikan air tanah agar bersinabungan saya kira ini menjadi perhatian kita, semoga air bisa kita manfaatkan sebaik baiknya,” tutupnya. (Ari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *