oleh

Memperingati HPSN, Pemkab Bangka Beri Penghargaan ke KSM Pengolah Sampah

Bangka, DiksiNews.com – Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (NPSN) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Bangka memberikan penghargaan kepada pegiat ataupun Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) pengelolah sampah se-Kabupaten dihalaman Kantor Bupati, Senin (21/02).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Bangka Mulkan SH, MH yang didampingi Wakil Bupati Bangka, Syahbudin S.IP dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Meina Lina usai meggelar upacara peringatan HSPN tahun 2022.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bangka, Mulkan SH,MH mengajak masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dirinya menghimbau agar masyarakat mempunyai kesadaran dan kepedulian akan kebersihan lingkungan, terutama di tempat tinggal kita masing-masing.

“Pemberian penghargaan ini diberikan kepada mereka yang telah berperan serta dan kepedulian masyarakat dalam penanganan dan penggelolaan sampah dilingkungannya. Ini bertujuan juga memotivasi masyarakat lainnya untuk turut peduli dalam menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Menurutnya sampah yang berserakan itu akan membuat lingkungan menjadi kotor dan membuat lingkungan menjadi tidak sehat, karena akan menjadi sumber berbagai penyakit nantinya, apalagi di musim penghujan tiba nanti akan menyebabkan banjir.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama ikut berperan aktif dan ambil bagian dalam menjaga kebersihan dilingkungan kita masing-masing. Karena menjaga kebersihan itu, bukan tanggung jawab dari pemerintah saja, melainkan menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujar Bupati Bangka, Mulkan.

KSM di Kabupaten Bangka yang memperoleh penghargaan yakni, KSM Pugul Ampuh Kecamatan Riau Silip, KSM Jurung Kecamatan Bakam, KSM Sri Menanti Kecamatan Sungailiat, KSM Sinar Alami Sempan, KSM KUBE Radar Sejahtera, KSM Serumpun Sejahtera Kecamatan Pemali.

Kemudian, penghargaan juga diberikan kepada Bank Sampah Karya Mandiri Kecamatan Pemali, Bank Sampah Armi Lingkungan Air Merapin Kelurahan Parit Padang Sungailiat, PT. Mitra Stania Prima (MSP) dan PT. Refined Bangka Tin (RBT) Kawasan Industri Jelitik Sungailiat.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Bangka juga menyerahkan bantuan sosial yakni beras kepada para petugas kebersihan di Kabupaten Bangka.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *