oleh

Usai Rakor Tim Satgas Pangan Babel Dengan Pengusaha Ayam, Harga Daging Ayam Turun

PANGKALPINANG,DIKSINEWS.COM –Usai diadakannya Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Satgas Pangan Provinsi Bangka Belitung (Babel) dengan para pelaku pengusaha ayam, harga daging ayam di pasar mulai mengalami penurunan.

“Sepekan yang lalu Tim Satgas Pangan Babel mengadakan Rakor dengan para pelaku pengusaha ayam di lantai tiga kantor Gubenur Babel. hasilnya harga daging ayam relatif turun tidak seperti biasanya mulai dari Rp 38.000 sampai 45.000/ kg nya,” kata Achmad Fajri Sub Koordinator Stabilisasi Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Disperindag Babel, Jumat (4/2) di ruang kerjanya.

Diundangnya para para pelaku pengusaha ayam bertujuan untuk mencari solusi terkait harga daging ayam yang kian hari kian melonjak, sehingga perlu adanya pertemuan untuk membuat stabil kembali harga daging ayam di sejumlah pasar di Babel.

Dijelaskannya, Alhamdulilah harga daging ayam mengalami penurunan sekarang ini mulai dari Rp 27.000/ kg (harga ayam utuh) dan Rp 33.000/kg sampai dengan Rp 35.000/kg (harga ayam bersih).

Oleh sebab itu dirinya mengharapkan kepada para pelaku pengusaha ayam untuk menjaga harga daging ayam tetap stabil sampai ke konsumen dan diharapkan sampai menjelang Bulan Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri 1443 H nanti.

Dirinya juga menegaskan jika para pelaku usaha ayam broiler mengalami kendala/hambatan seputar usahanya, sebaiknya melakukan diskusi dan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak terkait yaitu bisa melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov Kep Babel atau Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov Kep Babel untuk dicarikan solusi terbaik nantinya seperti apa karena ini menyangkut kemampuan daya beli masyarakat.

“jika ada masalah ya kita carikan solusinya, jangan menaikkan harga begitu saja kasihan konsumen atau masyarakat yang membutuhkan daging ayam, karena konsumsi daging ayam di Prov Kep Babel ini sangat tinggi ” tuturnya.

Menurutnya diadakanya Rakor tersebut, menindaklajuti surat Direkorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor 03119 tanggal 3 Januari 2022, perihal pengaturan dan pengendalian produksi stok ayam ras di Bulan Januari dan Februari 2022 dan pelaksanaan sidak ke lapangan untuk komoditi pangan ayam dan telur pada tanggal 10 Januari 2022 di Kota Pangkalpinang.

“Gubernur Babel juga ikut dalam rapat tersebut melalui zoom meeting, ada beberapa arahan Bapak Gubernur kepada para pelaku pengusaha ayam diantaranya agar dapat menjaga stabilisasi harga daging ayam,” pungkasnya.

(Ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *