oleh

Tingkatkan Minat Baca, Bupati Mulkan Resmikan Perpusda

Bangka, DiksiNews.com – Dengan dimulainya proses pemotongan pita dan penandatanganan prasasti, Bupati Bangka Mulkan SH MH meresmikan perpustakaan umum daerah (Perpusda) di Gedung eks Kantor Bupati Bangka, Rabu (19/1/2022). Dalam kegiatan tersebut juga disi dengan pameran buku dan UMKM dari sejumlah perpustakaan yang ada di setiap kecamatan.

Di samping itu, dalam peresmian perpustakaan tersebut juga digelar pameran karya seni dari sejumlah pelajar yang memiliki nilai jual. Ada sebanyak sekitar 18 ribu buku, Perpusda Bangka yang baru ini memiliki 2 ruangan koleksi buku umum, 1 ruangan referensi, ruang khusus anak dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Bupati Mulkan berharap dengan diresmikannya Perpusda tersebut dapat meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka.

Menurutnya dengan membaca buku bisa mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan yang lebih luas. Ia tegaskan di era digitalisasi seperti sekarang ini menjadi tantangan bagi pemerintah dalam mensosialisasikan program gemar membaca kepada masyarakat.

“Saya ingin mengajak kepada masyarakat untuk sering berkunjung ke perpustakaan untuk menambah ilmu dan wawasan,” himbaunya.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka, Mina menuturkan jika perpustakaan umum daerah siap menerima sumbangan atau bantuan buku dari masyarakat.

“Kami telah memiliki program baru yang coco untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan berkunjung ke perpustakaan daerah. Salah satu program itu adalah terampil menulis berupa pelatihan dan pembinaan menulis kepada para pengunjung perpustakaan,” jelasnya.

Dikatakannya jika pihaknya nantinya akan melakukan kerjasama dengan beberapa penerbit agar buku tersebut bisa diterbitkan. Mina juga akan membantu untuk pemasaran agar dapat dijangkau masyarakat lebih luas.

“Perpusda saat ini bukan hanya untuk tempat membaca saja, tetapi sudah bertransformasi menjadi tempat menghasilkan karya seni,” pungkasnya.

Peresmian tersebut dihadiri oleh tamu undangan dari Forkopminda Bangka, sejumlah Kepala OPD, Camat, Lurah dan tamu undangan lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *