oleh

Kemenag Basel Siapkan Mobil Layanan Haji dan Umroh “Siskohat Mobile”

TOBOALI, DIKSINEWS.COM — Kepala Kementerian Agama Bangka Selatan, H. Jamaludin menyiapkan Siskohat Mobile untuk pelayanan Jemaah manasik Haji dan Umroh yang ada di kecamatan-kecamatan.

Di kesempatan ini dirinya mengucapkan syukur alhamdulillah, Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bangka Selatan pada Tahun 2021 mendapatkan bantuan ataupun anggaran untuk kendaraan operasional pelayanan Haji dan Umroh.

dikatakannya mobil tersebut didapatkan tidak secara tiba – tiba , namun ini sebagai apresiasi Pemerintah Pusat kepada Kemenag Bangka Selatan yang memiliki inovasi layanan Haji dan Umroh yang diresmikan pada bulan November Tahun 2020 lalu dan inovasi itu dengan nama Siskohat Mobile.

“Inovasi Siskohat Mobile ini adalah Inovasi layanan Haji dan Umroh khususnya untuk pelayanan pendaftaran jama’ah Haji,” ungkapnya.

Dia mengatakan selama ini masyarakat mendaftar Hajinya kekantor Kabupaten, dengan kehadiran Siskohat Mobile ini kata dia masyarakat bisa mendaftar Haji ditempatnya yaitu di kecamatan.

Selain itu Siskohat Mobile ini, tim perkantoran Kemenag Bangka Selatan akan datang ketempat tersebut untuk memberikan pelayanan kepada Jama’ah calon Haji.

Lanjutnya, lebih hebatnya lagi waktu pelayanannya dengan Siskohat Mobile ini pelayanan Jama’ ah di layani hanya memakan waktu 10 atau 15 menit untuk 1 Jama’ ah dan pelayanan ini sangat jauh berbeda dengan pelayanan ketika calon Jama’ ah datang mendaftar ke Kantor yang bisa menghabiskan waktu berhari – hari untuk mengurus segala administrasinya.

Dan semua ini juga telah dilakukan testimoni kepada masyarakat, kepala Desa bahkan Gubernur dan Bupati Basel.

“Kegiatan ini juga kami lakukan dengan berintragasi dengan Bank BPS ( Bank Penerima Setoran ) dengan hal ini Bank Sumsel dan Syariah, mereka melakukan keliling dengan kendaraan Mobil Bank atau dengan cara datang langsung ke Bank sumsel atau Bank Syariah yang ada di kecamatan tersebut,” ujarnya Selasa (11/01/22).

“Saya juga bercita-cita mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk meminta bantuan mobil oprasional antar jemput Jama’ ah Haji, dan profosal akan kami buat. Tujuannya, karena jama’ah Haji Bangka Selatan ini berkisar 150 jama’ah pada musim Haji mereka minta pemda untuk di fasiltasi bis untuk di antarkan ke Pangkalpinang maupun saat pulang,” katanya.

Dia menambahkan bahwa beban yang di pikirkan ini adalah jama’ah yang lansia, karena mereka perlu didampingi khusus oleh tim medis. Oleh karena itu kata dia pihaknya kini berpikir untuk memiliki satu mobil tambahan.

(dolly)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.