oleh

Permudah Transportasi Kesehatan Masyarakat, PT Timah Serahkan Ambulance untuk Warga Matras

BANGKA, DIKSINEWS.COM – Untuk mempermudah transportasi pelayanan kesehatan masyarakat, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan satu unit ambulance bagi warga Lingkungan Matras, Kelurahan Matras, Kabupaten Bangka, Selasa (16/11/2021).

Mobil Ambulance ini diserahkan kepada Bupati Bangka Mulkan yang nantinya akan dikelola oleh Tim Independen yang merupakan organisasi masyarakat di Lingkungan Matras. Kehadiran Ambulance ini untuk memudahkan dan membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis.

Penyerahan satu unit ambulance ini merupakan rangkaian kegiatan Charity Week MIND ID dalam rangka HUT ke 4 MIND yang akan dilaksanakan 27 November mendatang. Melalui program charity week ini seluruh anggota Holding MIND menggelar kegiatan sosial di masing-masing wilayah operasional.

Tak berselang lama setelah diserahkan, mobil ambulance ini langsung digunakan untuk menjemput warga Lingkungan Matras Ropiah (66) yang sakit untuk memeriksakan kesehatan di Mobil Sehat PT Timah Tbk.

“Senang, bagus Ambulance, selama ini nenek tidak bisa berobat karena tidak ada yang mengantar untuk berobat, sekarang Alhamdullillah ada ambulance nenek jadi bisa ikut diperiksa kesehatan di sini. Tadi dijemput pakai ambulance karena nenek tidak bisa berdiri lagi sudah 9 bulan ini lumpuh,” kata Ropiah.

Kehadiran ambulance memang sudah lama dinantikan masyarakat, pasalnya Lingkungan Matras belum memiliki ambulance. Selama ini, untuk mengantarkan warga yang sakit hanya menggunakan kendaraan masyarakat.

Bupati Bangka, Mulkan mengapresiasi bantuan ambulance dari PT Timah Tbk ini yang telah membantu masyarakatnya. Untuk itu, dirinya meminta masyarakat menjaga dan merawat ambulance ini sehingga bisa terus dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan bersama.

“Ambulance ini bertujuan untuk meningkatkan dan membantu kesehatan masyarakat yang mau berobat ke rumah sakit dan puskesmas. Ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada PT Timah Tbk yang telah membantu masyarakat, bantuan ini adalah hak masyarakat, sehingga kami sebagai pemerintah hanya mengawasi agar ambulance ini bisa dirawat dan digunakan sebagaimana mestinya,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Tim Independen Rama mengatakan, warga lingkungan matras sudah lama menginginkan kehadiran ambulance. Karena, selama ini mereka agak kesulitan untuk membawa masyarakat yang sakit ke pelayanan kesehatan terdekat.

“Ambulance ini memang kami butuhkan, karena di tahun 2020 lalu ada warga kami yang sampai meninggal dunia di atas motor karena tidak ada mobil untuk mengantar ke rumah sakit. Makanya kami miris, akhirnya kami mengusulkan ke PT Timah Tbk untuk dibantu ambulance, dan Alhamdullillah akhirnya terpenuhi,” ceritanya.

Sebelumnya, kata dia mereka pernah membuka usaha yang bergerak di bidang wisata Bukit Pilar yang keuntungannya akan dimanfaatkan untuk pembelian ambulance. Namun, sayangnya hal itu belum terwujud lantaran mengalami beberapa kendala.

Kedepan, kata dia ambulance ini akan dikelola dan dirawat oleh pihaknya sehingga bisa dengan mudah dapat dimanfaatkan warga. Menurutnya, penggunaan ambulance ini juga akan digratiskan kepada masyarakat.

“Masyarakat gratis untuk menggunakan ambulance ini, biaya operasionalnya akan ditanggung dari dana program yang sudah kami siapkan dan mobil ini akan standyby 24 jam untuk melayani masyarakat lingkungan matras yang membutuhkan,” sebutnya.

Pihaknya juga mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah membantu masyarakat di sektor kesehatan, tak hanya itu menurutnya PT Timah Tbk juga mendukung kawasan pariwisata di daerah mereka dengan membangun beberapa infrastruktur di Pantai Matras seperti membangun toilet dan musala.

“Kami bersyukur atas bantuan dari PT Timah Tbk yang sudah membantu masyarakat kami, tidak hanya di bidang kesehatan seperti ambulance dan pengobatan gratis. PT Timah Tbk juga membantu di Pantai Matras,” sebutnya.

Tokoh Agama di Lingkungan Matras, Haji Basri Adam turut mengapresiasi bantuan ambulance dari PT Timah Tbk ini karena menurutnya ini memang sangat dibutuhkan masyarakat agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan cepat dan tepat.

“Kami sangat berterimakasih sekali, karena ini memang yang dibutuhkan agar masyarakat kami bisa dengan cepat, tepat dan akurat tiba di rumah sakit. Selama ini kalau mau mengantar warga untuk berobat kadang-kadang kita betunggu dengan mobilnya. Alhamdullillah hari ini kita sudah punya mobil ambulance,” sebutnya.

Lurah Matras Ersi Fisa mengatakan, dari tiga lingkugan yang ada di wilayahnya memang belum ada yang memiliki ambulance. Untuk itu dirinya sangat bersyukur dengan adanya bantuan ambulance yang telah lama diharapkan masyarakat.

“Belum ada ambulancenya dan kita berharap ini bisa digunakan dengan sebaik-baiknya sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Biasanya kalau ambulance itu hanya ada di Puskesmas Sinar Baru,” sebutnya.

Senada Pjs Kaling Matras, Yunizar menyampaikan keinginan masyarakat Lingkungan Matras untuk memiliki ambulance akhirnya diwujudkan oleh PT Timah Tbk.

“Ini memang sudah lama diharapkan masyarakat, dan dengan adanya bantuan ini PT Timah Tbk telah menunjukkan kehadiran dan kontribusinya bagi masyarakat kami. Karena bantuan ini sangat bermanfaat,” ujarnya.

(Ril/Dolly)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *