oleh

Prodi Ilmu Komunikasi Stisipol Pahlawan 12, Gelar Aksi Nyata Tridharma Perguruan Tinggi Dosen

DiksiNews.com – Prodi Ilmu komunikasi Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Bangka melakukan kunjungan ke SDN 19 Bintet Kecamatan Belinyu, Bangka. Kegiatan ini dalam rangka aksi nyata Tridarma Perguruan Tinggi Dosen dan Mahasiswa Stisipol Pahlawan 12 untuk Sekolah dan masyarakat pedesaan.

Kaprodi Ilmu Komunikasi Yang Gusti Feriyanti, M. I. Kom didampingi sekretaris LPPM Lisa Oktaviani M. Pa.serta 10 Mahasiswa Stisipol memberikan sosialisasi pengelolaan perpustakaan sekolah dengan menata ulang layout ruang perpustakaan. Kepala Sekolah SDN 19 Thai Kong Foi Bintet mengatakan bahwa selama ini sekolah  memang sudah memiliki ruang perpustakaan dan buku-buku belum tertata dengan rapi dan masih banyak tumpukan buku-buku yang belum disusun di rak, karena selama pandemi ini aktivitas sekolah dan belajar dilakukan secara daring.

Pengurus perpustakaan sekolah SDN 19 ibu vina mengatakan bahwa banyak buku yang terbitan tahun lama masih ada di rak perpustakaan.

Kegiatan pengelolaan perpustakaan di sekolah pedesaan ini dimulai dengan menyusun dan merapikan buku-buku yang ada di perpustakaan dan menata ruangan perpustakaan dengan meletakkan rak rak buku sesuai dengan penempatannya agar lebih  nyaman dan mudah mencari buku yang diinginkan.

Kaprodi Ilmu komunikasi Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Yang Gusti Feriyanti.M.I.kom menyatakan selama pandemi Covid-19 kegiatan belajar semua dilakukan secara online tetapi bukan berarti murid-murid SD tidak dapat mengakses sumber pengetahuan dari perpustakaan. Menurutnya justru aktivitas membaca harus tetap dilakukan baik di sekolah maupun di rumah.

“Ketika murid murid datang ke sekolah untuk mengambil tugas dari guru, mereka dapat mencari referensi buku bacaan di sekolah dan berdiskusi dengan guru guru di ruangan perpustakaan tetap dengan tetap melakukan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Ia menegaskan selama covid 19 ini peran guru sekolah, orang tua murid dan masyarakat sangat dibutuhkan agar tercipta suasana belajar yg nyaman dan proses belajar tetap dapat terlaksana di masa pandemi ini. Selain mengelola perpustakaan Yang Gusti F juga memberikan materi media pembelajaran power point kepada Guru SDN 19 agar lebih variatif dalam memberikan materi pembelajaran.

“Selama pandemi ini para guru dan siswa siswi harus lebih kreatif dan terbiasa dengan media audio visual,” pungkasnya.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan selama dua hari dari tanggal 13-14 November 2020. Selain itu juga Mahasiswa Prodi komunikasi beserta dosen, guru-guru, masyarakat, orang tua murid, komite sekolah beserta paguyuban ikut melakukan kegiatan gotong royong membersihkan halaman ruangan sekolah dan kegiatan pengabdian masyarakat diakhiri dengan menyerah tumbler kepada kepala Sekolah SDN 19 Bapak Sugianto, Spd. Sd.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.