oleh

PT. Inhutani V Unit Bangka Telah Memegang IUPHHK-HTI Yang Meraih Sertifikat PHPL

DiksiNews.com – Inhutani V Unit Bangka telah berhasil melalui tahapan pemilikan pertama sertifikasi Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) dan Verikasi Legalitas Kayu (VLK) yang mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.30/Menlhk/Setjen/PHPL.3/13/2016 yang dilaksanakan sejak tanggal 19 Oktober sampai 26 Oktober 2020olwh Lembaga Penilai Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (LPHPL) dan PT. Trustindo Prima Karya (TPK).

Setelah berhasil menjadi satu-satunya pemegang Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dalam Hutan Tanaman Industri (IUPHHK-HTI) yang meraih Sertifikat PHPL di Bangka yang berlaku sejak 21 November 2019 hingga 20 November 2024. Hasil penilikan pertama ini juga menunjukkan bahwa PT. Inhutani V Unit Bangka selaku pemegang IUPHHK-HTI berdasarkan SK.377/Menhut-II/2009 tanggal 25 Juni 2009 jo. SK .531/Menlhk/Setjen/PLA.2/8/2019 tanggal 7 Agustus 2019 dengan luas 15.583,10 ha; telah memenuhi penilaian pada indikator Prasyarat, Produksi, Ekologi, Sosial dan Verifikasi Legalitas Kayu, sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Nomor P14/PHPL/SET/4/2016.

Indikator prasyarat untuk Kepastian Kawasan Pemegang IUPHHK-HTI merupakan salah satu poin yang mendapatkan nilai Baik. Hal ini seiring dengan komitmen perusahaan untuk selalu melaksanakan pengawasan dan pemeliharaan tata batas, serta merangkul masyarakat sekitar untuk bermitra dalam pengelolaan lahan. Dengan demikian, konflik tenurial di dalam konsesi PT. Inhutani V Unit Bangka semakin berkurang.

Berdasarkan penilaian berbagai indikator yang sudah ditetapkan, akhirnya diperoleh kesimpulan bahwa PT. Inhutani V Unit Bangka mendapatkan predikat Sedang.

General Manager PT. Inhutani V Unit Bangka, Hendriansyah menyampaikan rasa syukur atas pencapaian PT. Inhutani V Unit Bangka dan berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah ikut serta dalam kegiatan penilikan pertama sertifikasi PHPL sehingga prosesnya bisa berjalan lancar hingga akhir.

“Kami akan terus berusaha untuk memegang teguh komitmen dalam memenuhi kaidah pengelolaan Hutan Produksi Lestari sehingga berdampak positif bagi lingkungan dan sesuai dengan visi misi perusahaan,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.