oleh

Belajar Secara Daring, Orang Tua Harus Awasi Anak Gunakan Gawai

Diksinews,com Pangkalpinang – Kasus Corona Virus 2019 (Covid-19) yang semakin menghawatirkan di Indonesia membuat sistem pendidikan bagi pelajar harus melakukan perubahan cara belajar dari sistem tatap muka berubah menggunakan sistem belajar jarak jauh menggunakan jaringan internet atau secara Daring (dalam Jaringan).

Sistem pembelajaran jarak jauh secara online yang diterapkan setiap sekolah ini mengharuskan setiap siswa memiliki Gawai dan piawai menggunakannya sehingga bisa menimbulkan kekawatiran bagi orang tua siswa.

Dari kekwatiran tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Kota Pangkalpinang, Eti Fahriaty meminta agar setiap orang tua dapat mengawasi anaknya dari penggunaan gawai di masa pembelajaran secara online dengan metode dalam jaringan (daring) yang di lakukan oleh pihak sekolah.

Penggunaan gawai bagi siswa sekolah yang menginjak fase remaja sangat di kuatirkan, karena mereka memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga rentan untuk memikirkan dan mencoba hal hal yang belum diketahui.

Penggunaan gawai bagi siswa yang belum waktunya tersebut kata mantan Kepala Dinas Pendidikan kota Pangkalpinang ini sangat butuh pendampingan orang tua agar penggunaan gawai ini dapat terarah sebagaimana mestinya seperti membuka konten yang benar.

“Jangan sampai ada anak-anak sekolah atau siswa yang membuka konten yang membuat anak-anak itu penasaran,” ujarnya kepada sejumlah media, Selasa, (1/9/2020).

Untuk mengontrol kekuatiran tersebut, maka para orang tua diharapkan dapat memfasilitasu anak sesuai usia mereka dan harus pandai-pandai memberikan kebebasan anak dalam menggunakan gawai ini.

Pembelajaran sistem online ini kata Ety jangan sampai membuat para siswa mempunyai kebebasan yang tidak berhubungan dengan dunia mereka. (naf)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.