oleh

Danrem 045/Gaya Himbau Penambang TI Tungau Harus Berkomitmen Ikuti Aturan yang Ada

DiksiNews.com, Bangka Belitung — Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI M Jangkung Widyanto, S.I.P. , M. Tr.(Han)  bersama dengan Forkopimda Provinsi Bangka Belitung melaksanakan audensi dengan masyarakat Desa Suka Damai Kecamatan Toboali Bangka Selatan terkait  Tambang Inkonvensional (TI)Tungau yang bertempat di Ruang Pasir Padi kantor Gubernur provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin ( 29/03 ).

Dalam kegiatan tersebut perwakilan masyarakat Desa Suka Damai dan aliansi Rakyat Penambangan memohon agar di beri kesempatan kepada masyarakat untuk di berikan ijin untuk menambang dengan menggunakan alat mini (TI).

Masyarakat menyampaikan bahwa selama ini hanya KIP dan PIP yang di beri ijin untuk menambang di Desa mereka sementara masyarakat tadinya yang sebagian besar nelayan tidak bisa menangkap ikan karena kehadiran tambang besar tersebut.

Oleh karena itu harga ikan di pasar naik karena sulitnya nelayan menangkap ikan dan sulit untuk menemukan ikan di wilayah tersebut.

Atas kejadian tersebut masyarakat berharap agar di berikan ijin untuk menambang dengan menggunakan peralatan mini   karena tuntutan dan perbaikan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19 saat ini.

Danrem dalam kegiatan tersebut menghimbau kepada masyarakat Desa Suka Damai  untuk komitmen mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun aturan yang tetapkan oleh PT Timah.

Sementara Gubernur Babel  Dr. H. Erzaldi Roesman menyampaikan bahwa pemerintah sangat mendukung permintaan masyarakat untuk melaksanakan penambangan.

Langkah yang di ambil terkait dukungan tersebut dengan melaksanakan kajian terhadap amdal dan teknis standard keselamatan kerja.

( Red/ril penrem/045 Gaya )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *