oleh

Tolak Kabar Hoax dan Isu SARA, Masyarakat Bangka Barat Siap Sukseskan Pilkada 2020

Bangka Barat, Diksinews.com – Jelang Pilkada 2020, Polda Bangka Belitung (Babel) merangkul tokoh agama untuk bersama-sama menciptakan Pemilu 2020 yang damai dan kondusif.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan, mengingat suhu politik biasanya menghangat di saat Pilkada dan berpotensi terjadi gangguan Kamtibmas, baik secara sporadis maupun simultan.

Salah satu perwakilan tokoh agama yang hadir, Madi mengatakan, untuk menciptakan situasi yang sejuk, aman dan tertib, pihakbya meminta agar tempat ibadah jangan dijadikan sebagai tempat kampanye.

“Tahapan pemilukada yang sudah berjalan selama ini dan akan berakhir hingga awal tahun 2021 harus disikapi dewasa demi terjaganya persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.

Selanjutnya kata Madi, persaudaraan dan kebersamaan antar warga yang sudah terjalin selama ini jangan sampai rusak hanya karena beda pilihan dan pandangan politik.

“Deklarasi dan dukungan aksi damai, menolak politisasi tempat ibadah, isu SARA, dan kabar bohong yang sudah dilakukan hendaknya dipatuhi,” jelasnya.

Menurutnya, pentingnya menjaga netralitas politik di dalam tempat ibadah perlu dikedepankan seluruh pihak untuk menghindari kemungkinan terjadinya gesekan antar warga.

Selain itu, pihak kepolisian juga harus terus melakukan koordinasi dan sinergisitas dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda untuk mewujudkan keinginan bersama tersebut.

“Kami juga melibatkan Forum Kerukunan Umat Beragama dan MUI serta Dewan Masjid Indonesia sebagai mitra untuk pencegahan dini potensi gesekan gesekan tersebut,” ungkapnya.(rill/naf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *